PENYEBAB KUCING SUKA SEMBUNYI DIDALAM KARDUS

-= Pembukaan =-

merdeka.com

Jika kamu mempunyai kucing di rumah, pasti kamu kerap melihat mereka suka bersembunyi dalam sebuah kardus. Ternyata hal ini juga terjadi pada kucing piaraan di seluruh dunia. Apa penyebabnya?

Berdasarkan penelitian di jurnal International Society for Applied Ethology (ISAE), ada setidaknya 3 penyebab mengapa kucing mau repot – repot masuk ke dalam sebuah kardus di rumah, yang kadang bahkan terlihat sempit bagi tubuh mereka.

Berikut penjelasan ilmiah lengkap terkait ‘misteri’ aktivitas aneh kucing piaraan tersebut.


1. Pengurang Stres

merdeka.com

Tidak disangka, ternyata kucing dengan sengaja masuk ke dalam kardus untuk menurunkan stres yang mereka alami. Hal ini menurut ilmuwan ampuh untuk menenangkan kucing dalam waktu singkat.

“Kucing mendapatkan keuntungan yang banyak ketika mampu bersembunyi saat sedang stres. Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah bersembunyi dalam kardus,” ungkap ilmuwan dari Universitas Cornell.

Sementara menurut peneltian Universitas Ultrecht, kucing yang mempunyai kardus sebagai tempat persembunyian mampu sembuh dari stres lebih cepat.

2. Adaptasi Dengan Lingkungan Baru

merdeka.com

Apakah kamu baru saja membeli kucing dari toko hewan? Jika iya, kamu bisa meletakkan dalam kardus sebagai ‘rumah’ sementara. Alasan kedua mengapa kucing suka masuk dalam kardus adalah untuk beradaptasi dengan tempat baru.

“Ya, bersembunyi dalam kardus ternyata adalah salah satu bentuk strategi kucing untuk beradaptasi dengan lingkungan baru sembari menurunkan stres,” jelas Claudia Vinke, ahli hewan dari Universitas Ultrecht, BelAgan.

Hal ini nampaknya juga menjadi alasan mengapa banyak orang suka menempatkan bayi kucing di dalam kardus. Tindakan tersebut tanpa diketahui banyak orang juga dapat membantu si kucing.

3. Menghangatkan Diri
merdeka.com

Kardus, terutama dari bahan karton, menurut penelitian disukai kucing sebagai tempat hidup. Selain secara psikologis dianggap nyaman oleh kucing, kardus karton juga dapat membantu kucing mempertahankan suhu tubuhnya.

Menurut penelitian National Research Council di tahun 2006 silam, suhu yang dianggap nyaman oleh kucing berkisar 31-36 derajat Celsius. Dan kisaran suhu tersebut bisa didapatkan dengan mudah lewat masuk ke dalam kardus.

Pada suhu tersebut kucing tidak perlu membakar lemak atau melingkarkan tubuh mereka untuk tetap hangat. Jawabannya sederhana, mereka hanya perlu masuk dalam kardus.

Sumber:

  1. http://www.kaskus.co.id/thread/54db19e2c0cb17c53f8b4571/ini-penyebab-kucing-suka-sembunyi-dalam-kardus/
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: