DAHSYATNYA ERUPSI GUNUNG BARDARBUNGA DI ISLANDIA

mashable.com

Gunung Bardarbunga di Islandia mengalami erupsi pada tanggal 02 September 2014. Sebuah erupsi retakan di dekat Gunung Bardarbunga masih terus menyemburkan lava Senin lalu namun tidak mengeluarkan abu vulkanik, sehari setelah erupsi yang menyebabkan Islandia meningkatkan tingkat kewaspadaan untuk penerbangan ke level tertinggi. Sistem gunung berapi terbesar Islandia dengan panjang 190km dan lebar 25km telah diguncang gempa selama lebih dari dua minggu.

Dalam erupsi pada gunung Bardarbunga di Islandia, dipelajari beberapa fakta-fakta dibawah ini.

10 Fakta Potensi Awan Abu Bardarbunga

#Fakta 1:
dw.de
Sistem Vulkanik Terbesar

Bardarbunga terletak di bagian tengah Islandia, menjulang hingga 2.009 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi kedua di Islandia. Seperti terlihat pada foto, Bardarbunga tertutup sepenuhnya oleh Gletser Vatna dan menjadi bagian sistem vulkanik terbesar di Islandia yang terdiri dari beberapa gunung berapi yang terbentang sepanjang 190 kilometer.

#Fakta 2:
dw.de
Ribuan Gempa Bumi

Badan Meteorologi Islandia telah mendeteksi lebih dari 2.000 gempa bumi di wilayah Bardarbunga – pada kedalaman 5 hingga 10 kilometer – sejak 16 Agustus 2014. Ilmuwan memandang gempa bumi sebagai peringatan awal bahwa sebuah gunung berapi akan meletus. Begitu magma bergerak jauh di bawah tanah, tekanannya memecahkan bebatuan dan bumi mulai bergoncang.

#Fakta 3:
dw.de
Sedikit data

Periset hanya punya sedikit data terkait gunung berapi ini. Periset gunung berapi di Pusat Helmholtz GFZ di Potsdam memantau aktivitas Magma.

#Fakta 4:
dw.de
Letusan Vulkanik Terbesar

Bardarbunga terakhir meletus tahun 1996, dan gempa bumi pada 16 Agustus 2014 tercatat sebagai yang terbesar di wilayah Bardarbunga sejak letusan tahun 1996. Sementara erupsi terbesar gunung berapi itu terjadi sekitar 500 tahun lalu, dan disebut-sebut ilmuwan sebagai salah satu ledakan vulkanik terbesar di muka bumi dalam 10.000 tahun terakhir.

#Fakta 5:
dw.de
Lebih Besar dari Eyjafjallajökull

Eyjafjallajökull yang meletus tahun 2010 dan Bardarbunga punya banyak kesamaan. Keduanya tercipta berkat aktivitas tektonik bawah tanah yang sama. Keduanya tertutup es. Properti geologis mereka juga banyak yang sama. Magma mereka juga terletak pada kedalaman yang serupa. Namun Bardarbunga jauh lebih besar dari Eyjafjallajökull dan akan melepaskan lebih banyak magma.

#Fakta 6:

dw.de
Awan Abu Awet di Udara

Ketika Eyjafjallajökull meletus, magma panas bersentuhan dengan es. Air menguap tiba-tiba, dan letusan merobek magma serta memecah bebatuan sehingga terbentuk awan abu. Akibat kandungan magma di Islandia, partikel abu begitu kecil dan bisa bertahan di udara selama berhari-hari. Karena Bardarbunga juga tertutup gletser – yakni air beku – prosedur yang sama dapat terjadi, apabila gunung meletus.

#Fakta 7:
dw.de
Tergantung Arah Angin

Angin dapat mengirim awan abu dari Islandia menuju daratan Eropa. Semuanya tergantung ke arah mana angin bertiup. Tahun 2010, awan abu dari letusan Eyjafjallajökull menyelimuti Eropa.

#Fakta 8:
dw.de
Berbahaya bagi Mesin

Pesawat dilarang terbang melewati awan abu. Itulah mengapa begitu banyak penerbangan yang dibatalkan ketika Eyjafjallajökull meletus. Partikel abu dapat merusak mesin pesawat. Saat partikel masuk ke dalam ruang bakar mesin, partikel meleleh dan menempel secara permanen pada bilah-bilah pendingin hingga akhirnya menyebabkan rusak mesin.

#Fakta 9:
dw.de
Tak Hanya Dampak Lingkungan

Ledakan Eyjafjallajökull tahun 2010 berdampak besar bagi ekonomi. Total kerugian industri penerbangan diperkirakan mencapai lebih dari satu miliar Euro. Perekonomian Islandia dilaporkan menderita kerugian beberapa juta Euro – terutama petani terkena dampak terbesar.

#Fakta 10:
dw.de
Harap Tenang

Kalau Bardarbunga sampai meletus, ancaman terbesar bagi Islandia adalah banjir. Magma dari Bardarbunga dapat melelehkan gletser dan mengirim air dalam jumlah besar ke arah lembah. Menurut ilmuwan Jerman di Potsdam, warga Eropa tidak perlu panik karena perkembangan di Bardarbunga terus dipantau ketat. Kemungkinannya tidak akan terjadi apa-apa – kecuali lebih banyak lagi gempa bumi.

Gunung berapi Bardarbunga, Islandia, menampilkan erupsi lava yang menarik. Di bawah ini akan menampilkan pemandangan menakjubkan dan kedahsyatan erupsi pada Gunung Bardarbunga.

#gallery:
newsdaily.com

mashable.com

mashable.com

mashable.com

mashable.com


mashable.com

telegraph.co.uk

telegraph.co.uk

telegraph.co.uk

Sumber:

http://www.kaskus.co.id/thread/54147f43902cfed61a8b4573/melihat-kedahsyatan-erupsi-gunung-bardarbunga-di-islandia/

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: