10 LANGKAH SUKSES MENUMBUHKAN BISNIS KECIL

Sebuah bisnis dengan penghasilan milyaran rupiah setiap tahunnya tidak dengan mudah dibangun dan menghasilkan keuntungan. Ada banyak jalan dan cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dari mendirikan bisnis di awal tahun mereka. Bisnis kecil tidak akan dengan mudah mendapatkan keuntungan besar ketika upaya mereka hanya begitu – begitu saja. Lalu bagaimana sebuah bisnis kecil bisa mencapai kesuksesan mereka? Kita bisa mengikuti cara – cara berikut ini:

1. Buatlah rencana per quarter

Ketika Anda baru terjun ke dunia bisnis dan tidak mampu untuk berfikir rumit untuk perencaan bisnis yang sulit dipahami dan didefinisikan, Anda bisa membuat sebuah perencanaan yang membagi tahun menjadi 4 atau perencanaan per quarter. Dengan begitu Anda akan dengan mudah memantau dan mengoreksi apa saja yang Anda hasilkan dan mengakui kelemahan dan kekurangan Anda.

2. Kolaborasikan strategi pemasaran bisnis Anda

Teruntuk bisnis baru Anda harus berani mencoba banyak hal baru. Jangan hanya terpaku dengan satu cara yang Anda yakini bisa membawa Anda sukses dengan mudah. Strategi pemasaran yang bisa dipelajari dan dilaksanakan bukan hanya satu atau dua macam. Sumber daya Anda cukup banyak, mulai dari yang strategi tradisional hingga yang strategi modern seperti online. Dengan begitu Anda akan dengan mudah menyebarkan informasi kebada banyak orang.

3. Bergabung dengan komunitas lokal

Jika Anda ingin memiliki banyak pelanggan jangan hanya menunggu mereka mencari Anda dan membeli produk Anda. Tapi bisnis baru seperti yang sedang Anda bangunlah yang harus bergerak dan mencari mereka. Melalui berbagai percakapan dengan orang baru, komunitas baru dan juga bisa mengikuti event – event yang sedang diadakan. Dari situ kita akan dengan mudah memperkenalkan bisnis kepada orang baru, mengajak mereka untuk bertukar pendapat hingga memberikan mereka rekomendasi untuk datang ke bisnis Anda.

4. Selalu tahu trend terbaru

Sekalipun Anda telah yakin dan tahu apa yang Anda jual akan menghasilkan keuntungan besar, itu tidak akan berhasil ketika Anda tidak tahu atau buta akan trend di masyarakat. Anda yang menjual produk untuk masyarakat harus selalu tahu dan update apa yang sedang menjadi trend di masyarakat. Dengan begitu Anda akan mudah menciptakan produk yang sedang banyak dicari dan digandrungi masyarakat. Itu bukan hanya berlaku untuk produk yang dihasilkan, bisa juga untuk website yang Anda miliki dan strategi bisnis yang Anda jalankan.

5. Selalu memahami audiens

Ini jelas penting bagi Anda, sebagai pemilik bisnis kecil Anda harus mengetahui apa kebutuhan dan keinginan dari audiens atau pelanggan Anda. Anda bisa mengetahui kebiasaan mereka seperti di sosial media, kebiasaan saat melakukan komunikasi dengan Anda sampai dengan memberikan Anda feedback.

6. Pertimbangkan saat merekrut karyawan

Anda juga perlu mempertimbangkan karyawan yang akan bekerja dengan Anda. Memang benar Anda harus fokus mengembangkan bisnis dan mendelegasikan pekerjaan kepada para ahlinya. Itu artinya Anda perlu merekrut beberapa orang untuk membantu Anda menjalankan bisnis. Tapi Anda juga perlu mempertimbangkan siapa yang akan membantu Anda. Alih alih mencari mereka yang membutuhkan kerja, Anda bisa mengutamakan mereka yang memang kompeten dibidangnya.

7. Meningkatkan branding bisnis

Banyak hal yang bisa kita lakukan utnuk meningkatkan branding bisnis, mulai dari menciptakan inovasi baru untuk produk yang sudah lama dipasarkan, hingga mengoptimalkan brand Anda di setiap kesempatan, seperti membuat package produk dengan logo Anda, membuat merchandise untuk pelanggan Anda dan lain sebagainya.

8. Selalu memantau waktu

Selain Anda harus mengikuti trend untuk membantu menciptakan produk terbaru, Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan atau musim yang sedang terjadi. Anda bisa memanfaatkan event yang sedang atau akan dilaksanakan, seperti moment liburan sekolah, moment libur akhir tahun dan musim tahun ajaran baru anak sekolah. Anda bisa mulai memanfaatkan ini untuk update produk, katalog, website hingga majalah bisnis Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan penjualan Anda pada waktu yang bersamaan.

9. Optimalkan website Anda

Website adalah cara lain bagi Anda untuk mempromosikan bisnis Anda. Di era digital seperti sekarang ini, bisnis kecil akan lebih mudah mempromosikan jika dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Mulai dari sosial media hingga website bisnis yang akan membantu Anda menjelaskan apa saja yang Anda jual. Selalu perhatikan tampilan, fungsi dan update terbaru di website Anda. Fokuslah untuk mengembangkan website karena itu dapat membantu Anda meningkatkan penjualan bisnis kecil Anda. Untuk urusan website, Anda bisa menyerahkan sepenuhnya mulai dari desain sampai teknologi kepada provider yang Anda percaya dan memang khusus untuk pebisnis seperti Anda.

10. Selalu belajar

Dan yang terakhir adalah selalu belajar. Sebagai pemain baru Anda tidak akan mudah untuk mencapai sukses ketika Anda mudah merasa puas terhadap hasil yang Anda capai. Anda harus terus belajar dan memanfaatkan waktu dengan baik. Belajar bisa dari mana saja, dari internet, dari buku, dari mendengar cerita pengalaman orang lain hingga dari pengalaman diri sendiri.

Sumber:
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: