LITTLE BELT RAILROAD: SISI LAIN KEINDAHAN KOTA PARIS

Kota Paris nampaknya adalah salah satu kota terindah di dunia dari sekian banyak kota-kota di dunia, saking indahnya tuh ya, sampai – sampai orang – orang menyebut kota Paris sebagai kota yang Romantis Tapi meskipun Perancis merupakan salah satu negara maju, tahu gak gan kalo kota Paris gak jauh beda sama Indonesia Di sana juga banyak loh tempat yang terbengkalai dan gak keurus Namun bedanya, di Perancis meskipun ada tempat yang engga disentuh sama pemerintahan, warganya yang turun tangan buat merawat kota mereka sendiri Salah satunya taman ini gan, yaitu Little Belt Railroad (atau dalam bahasa Perancis-nya itu “Chemin de fer de Petite Ceinture”).

The Chemin de fer de Petite Ceinture (bahasa Perancis untuk “Little Belt Railroad”) adalah jalur kereta api di Paris, Perancis yang mulai beroperasi sejak tahun 1852 Jalur kereta ini adalah jalur melingkar yang menghubungkan stasiun-stasiun kereta api utama di Paris dibalik dinding – dinding benteng kota Paris. Namun, jalur kereta ini diberhentikan oleh pemerintah Perancis sejak tahun 1934 masa depan proyek jalur kereta api ini belum berkembang dan selalu menjadi perdebatan. Banyak penggemar kereta api Perancis dan asosiasi ingin melihat jalur ini tetap ada dan stasiun yang tersisa terpelihara sebagai bagian dari warisan nasional Perancis.

Dibangun pada tahun 1849, jalur kereta api ini adalah salah satu cara yang bagus untuk melihat Paris dari perspektif yang berbeda, sebagai jembatan kereta api yang mengintip keatas jalan-jalan setiap beberapa ratus meter. Jalur ini berada di sepanjang jalan utama Paris

Jalur kereta api berbentuk melingkar (disebut “Little Belt” atau sabuk kecil, yang artinya jalur ini melingkari kota Paris) yang menghubungkan stasiun kereta utama Paris dalam tembok kota berbenteng tua. Salah satu stasiun tertua, Gare de Charonne, yang sejak itu telah diubah menjadi sebuah kafe dan tempat musik rock’n’roll, La Flèche d’Or. Tentu saja ketika métro dibangun, hal itu menjadi akhir dari kelangsungan jalur kereta ini.

Peta Jalur Kereta Api di Perancis

Transportasi kereta api berkembang di banyak daerah di Perancis, tetapi pada tahun 1848 pemerintah (di bawah kekuasaan raja Bourbon Louis-Philippe) memutuskan untuk melakukan pembangunan rel kereta api untuk masa depan dengan tujuan yang sentralistik Dari tahun itu, Paris menjadi pusat dan tempat pertemuan kereta api dari seluruh Perancis banyak pula rencana jalur kereta api berbentuk bintang yang menyebar dari ibukota ke seluruh Perancis.

1848 juga merupakan tahun revolusi di Perancis dan di seluruh Eropa: The Second Republic (yang diketuai oleh rezim Bourbon). Pada tahun itu pemerintah tidak mampu untuk membiayai rencana semua jalur kereta api. Meskipun perubahan rezim, baik transportasi kereta api dan benteng Paris tetap memberikan kontribusi penting bagi jenderal Perancis; mengingat bahwa transportasi kereta api memberikan dukungan logistik ke seluruh Paris dan beberapa benteng sekitarnya. Jalur kereta api ini juga berkontribusi mengirimkan pasukan, perlengkapan, senjata dan amunisi ke beberapa benteng di Perancis.

Lebih dari 150 tahun kemudian, jalur kereta api ini sudah dihiasi oleh warna-warni baik oleh grafiti dan lebih dari 200 spesies flora dan fauna kemudian disusul trek kayu yang disisipkan disela-sela rel kereta api tersebut. Terowongan kereta api yang mungkin sudah usang ini juga dikatakan memiliki jalur akses termudah ke Paris Catacombs

Mereka bisa membangun kota mereka sehingga mendapatkan image bagus di mata dunia, tanpa perlu menunggu pemerintah yang bergerak. Dengan melakukan hal kecil pun bakalan berdampak besar pada perkembangan kota yang kita tempati, kayak kota Paris ini. Warganya memanfaatkan rel bekas kereta api sebagai sarana mereka berkarya.

Sumber:

http://www.kaskus.co.id/thread/54bc68d9118b46a2748b4574/taman-ini-dibangun-di-atas-rel-bekas-gan/

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: